Login | Register Now

Equipping Leaders to Impact the Nation

Impact Leader Institute adalah organisasi yang didirikan untuk memperlengkapi para calon pemimpin dengan wawasan, keterampilan dan perilaku yang akan memampukan mereka untuk memberikan dampak bagi masa depan Indonesia.

Misi
Membantu individu dan organisasi di Indonesia dalam mengembangkan talenta kepemimpinan mereka.

Visi
menjadi mitra terpercaya dalam mengembangkan para pemimpin.
Untuk mewujudkan hal tersebut, Impact Leader bekerjasama dengan berbagai lapisan masyarakat mulai dari individu, perusahaan, organisasi nirlaba maupun pemerintahan dalam merancang kurikulum pengembangan kepemimpinan terpadu yang disesuaikan dengan kebutuhan mereka.

Untuk mewujudkan hal tersebut, Impact Leader Institute bekerjasama dengan berbagai lapisan masyarakat mulai dari individu, perusahaan, organisasi nirlaba maupun pemerintahan dalam merancang kurikulum pengembangan kepemimpinan terpadu yang disesuaikan dengan kebutuhan mereka.

Untuk informasi pelatihan dan jadwal pelatihan dapat mengirimkan email ke info@impactleaderinstitute.com atau telepon ke +6221 222 61 777 atau +628 111 911 777

Metoda pembelajaran kami mengupayakan keterlibatan penuh peserta secara individu, kerjasama antara para peserta, variasi dan keragaman dalam metoda belajar, motivasi internal (bukan semata-mata eksternal), adanya kegembiraan dan integritas belajar yang lebih menyeluruh ke dalam aspek kehidupan sehari-hari.
Para peserta ditempatkan sebagai subjek, bukan sebagai objek. Mereka bukanlah wadah yang harus diisi, melainkan api yang harus disulut. Program kami merupakan sarana untuk mengasah keterampilan dan kecerdasan (intelektual, emosional dan spiritual) masing-masing peserta.

Format Experiential Learning melibatkan fasilitator dan peserta dalam suatu interaksi yang dinamis dan interaktif. Fasilitator akan memandu peserta mulai dari tahap awal yaitu Focusing ke tahap akhir yaitu Integrating.

1. Focusing 

Pada tahap awal fasilitator akan berusaha mendapatkan perhatian penuh peserta untuk terlibat (engaged) dengan high impact opening, biasanya dibantu dengan icebreaker atau pemaparan suatu fakta/riset yang menarik berkaitan dengan topik yang bersangkutan,  melakukan de-brief pre-work yang telah dikerjakan oleh peserta atau de-brief hasil self-assessment.

2. Experiencing

Fasilitator menjelaskan konsep pelaksanaan modul secara keseluruhan dan alat-alat bantu yang akan digunakan. Fasilitator juga mulai masuk ke materi pelatihan dengan menerangkan landasan konsep /teori. Langkah yang dilakukan adalah : Baca ---------–>Video  --------> Studi Kasus.

3. Reflecting 
Fasilitator memberikan kesempatan kepada peserta untuk berdiskusi baik secara individual maupun kelompok guna membahas tayangan video dan studi kasus.

4. Thinking
Proses Reflecting berjalan secara simultan dengan Thinking dimana pada saat peserta merefleksikan pelajaran yang diberikan pada pengalamannya sendiri, mereka juga akan memikirkan apakah ia sudah/belum melakukannya atau mendapatkan ide-ide baru dari pelajaran yang disampaikan. Fasilitator akan mengajak peserta untuk melakukan self-assessment atau team assessment untuk membantu pemahaman/pemikiran peserta.

5.   Modifying
 Fasilitator memberikan de-brief hasil assessment dan memberikan umpan balik serta menyemangati mereka untuk memodifikasi perilaku mereka saat ini.

6. Practicing
  Ada beberapa alat bantu efektif yang dapat digunakan untuk membantu peserta mempraktekkan keterampilan yang baru saja dipelajari seperti : simulasi, peragaan peran (role play), lembar kerja (worksheet) dan lain-lain.

7. Integrating
Practices make perfect. Fasilitator akan meminta peserta untuk membuat rencana tindak lanjut (follow up) dimana mereka akan menerapkan keterampilan dan perilaku yang telah dipelajari saat kembali ke tempat kerja.

Penerapan metoda Experiential Learning akan menjadi lebih efektif dengan penggunaan beberapa alat bantu dan teknik pelatihan sebagai berikut :

    • Bacaan (Partiipant Guide)
    • Video
    • Peragaan Peran (Role Play)
    • Kuliah (Lecture)
    • Studi Kasus
    • Kuesioner/Assessment
    • Simulasi
    • Latihan Tim
    • Best Practices Sharing
    • Permainan Dalam Kelas (Indoor Games)

Para fasilitator kami memiliki jam terbang pelatihan yang tinggi dan pengalaman kerja yang memadai dan beragam untuk mendukung dan memperkaya proses pembelajaran para peserta.

Banuara Mangunsong, CBA
Banuara mendapatkan gelar akuntan dari Fakultas Ekonomi Universitas Gadjah Mada dan gelar Master of Management dalam bidang Financial Management dari Universitas Pelita Harapan. Sebelum mendirikan PT Talents Indonesia, Banuara meniti karir di PT Bank Negara Indonesia pada berbagai posisi antara lain Credit Analyst, Audit dan Risk Management serta ikut serta dalam berbagai Proyek Pengembangan di BNI. Sebagai pemegang register Akuntan Negara (D-9947), ia juga mengantungi sertifikat dari Indonesia Banking & Regulation Certification (BSMR) dan juga seorang 


Banuara adalah salah satu founding member The John Maxwell Team yang didirikan oleh Dr, John C. Maxwell untuk memberikan pelatihan dan coaching untuk modul kepemimpinan dari Dr. John. C. Maxwell.  

Banuara berpengalaman di Bank BUMN dan pernah menjabat Komisaris Bank Asing di Indonesia.

   
   
   


Nita Prihasitawati, CBA

Nita mendapatkan gelar sarjana komunikasi dari Fakultas Sosial dan Ilmu Politik Universitas Gadjah Mada. Sebelum menjabat sebagai Direktur PT Talents Indonesia, ia pernah berkarir di Hotel Kalimantan, Banjarmasin, Bank PSP dan Bank BNI. Ia juga senang mengasah keterampilan wirausahanya dan saat ini memiliki dan mengelola beberapa bisnis di bidang kuliner dan mainan anak. Sebagai trainer, Nita mengantungi sertifikasi dari Giant Impact, USA.

Nita saat ini sedang meneruskan pendidikan S2 nya dalam bidang kepemimpinan. 

   
   
Download